IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM KURIKULUM 2013 DI SMA KABUPATEN SLEMAN

Sugianti, Dwi (2015) IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM KURIKULUM 2013 DI SMA KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Sugianti.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesesuaian antara aspek penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi dengan tuntutan kurikulum 2013 (2) kesesuaian antara aspek penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi dengan pelaksanannya (3) hasil belajar dalam pembelajaran biologi kurikulum 2013 (4) kesulitan yang dihadapi dalam menerapkan penilaian sesuai kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskripif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Populasi yang diambil adalah enam Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Sleman yang sudah melakukan uji coba pembelajaran biologi menggunakan kurikulum 2013. Sampel yang dipilih terdiri dari tiga SMA Negeri pada kelas X MIA I dengan materi bakteri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan sekolah yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April 2014- Mei 2015 dengan teknik pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian antara aspek penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi dengan tuntutan kurikulum 2013 termasuk dalam kriteria sesuai (2) kesesuaian antara aspek penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi dengan pelaksanaannya cenderung belum sesuai. Besarnya tingkat kesesuaian sebagai berikut: aspek kompetensi penilaian 28,78% sesuai, aspek bentuk penilaian 40,26% sesuai, aspek waktu penilaian 15,15% sesuai, aspek teknik penilaian 27,93% sesuai, aspek instrumen penilaian 50% sesuai, dan aspek sikap yang dimunculkan 88,45% sesuai (3) Hasil belajar peserta didik dilihat dari aspek kompetensi pengetahuan rata-rata 72,91 (4) kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan model penilaian pembelajaran biologi antara lain: kesulitan dalam menerapkan instrumen yang telah dibuat ke dalam proses pembelajaran, kesulitan dalam menghadapi protes dari beberapa siswa, kesulitan dalam membuat administrasi penilaian, serta kesulitan dalam memanajemen waktu. Kata Kunci: model penilaian, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model penilaian, kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 01 Dec 2015 09:42
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28580

Actions (login required)

View Item View Item