PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HANDOUT MATA PELAJARAN PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM STANDAR KOMPETENSI MENGURAIKAN UNSUR DAN SIFAT LOGAM DI SMK 2 YOGYAKARTA

Endro Tri, Mulyono (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HANDOUT MATA PELAJARAN PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM STANDAR KOMPETENSI MENGURAIKAN UNSUR DAN SIFAT LOGAM DI SMK 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
MEDIA_DEVELOPMENT_LEARNING_HANDOUTS.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa handout sebagai pendukung proses pembelajaran proses dasar perlakuan logam. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan handout yang telah dibuat untuk pembelajaran proses dasar perlakuan logam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tempat penelitian di SMK 2 Yogyakarta pada siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes evaluasi. Untuk menentukan kelayakan handout dilakukan dengan menganalisis data dari angket dan tes evaluasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang berbentuk handout yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu (1) survai lapangan, (2) studi pustaka, (3) penyusunan desain handout (4) validasi yang meliputi uji ahli materi dan ahli media pembelajaran, (5) revisi handout,(6) uji coba terbatas handout, (7) uji coba lapangan handout, (8) uji coba pemakaian dan (9)handout akhir. Hasil uji kelayakan terhadap handout proses dasar perlakuan logam yang dikembangkan menurut ahli media pembelajaran secara keseluruhan media memperoleh skor 4, menurut skala skor termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik. Menurut ahli materi ditinjau dari kualitas materi secara keseluruhan media memperoleh skor 4 termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik. Menurut siswa pada uji coba terbatas handout, secara keseluruhan memperoleh skor 4, termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik. Uji coba lapangan handout, secara keseluruhan memperoleh skor 4 termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik. Uji pemakaian handout memperoleh nilai rata-rata kompetensi keseluruhan 7,7. Berdasarkan hasil uji ahli media pembelajaran, uji ahli meteri, uji coba produk dan uji pemakaian di atas dapat disimpulkan handout yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran proses dasar perlakuan logam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item