PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN STML GUNA MEMBANGUN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA KELAS X DI KODYA YOGYAKARTA

Tyas, Chairunisa Dianing (2015) PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN STML GUNA MEMBANGUN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA KELAS X DI KODYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Chairunisa Dianing Tyas.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan kualitas perangkat pembelajaran dalam pembelajaran biologi membangun sikap peduli lingkungan siswa menurut ahli pendidikan dan guru biologi; (2) potensi efektivitas perangkat pembelajaran materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan model Problem-Based Learning berbasis pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Lingkungan tehadap sikap peduli lingkungan siswa siswa SMA Kelas X di Kodya Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Perangkat yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Handout, dan slide Powerpoint. Penelitian dilakukan di 3 SMA Kodya Yogyakarta yang masih menerapkan kurikulum 2013 yakni SMA Negeri 2 Yogyakarta, SMA 3 Yogyakarta, dan SMA 8 Yogyakarta. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh 3 dosen ahli pendidikan dan 3 guru biologi dari tiap SMA tersebut. Selain itu juga dilakukan uji coba terbatas terhadap keterbacaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan handout oleh 18 siswa kelas X dari ketiga SMA tersebut. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian checklist untuk perangkat pembelajaran dan lembar penilaian keterbacaan siswa untuk LKS dan handout. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran pembelajaran Problem-Based Learning biologi berbasis STML berkualitas ”Baik” berdasarkan penilaian para dosen ahli pendidikan dan berkualitas “Sangat Baik” berdasarkan penilaian guru Biologi; (2) perangkat pembelajaran Problem-Based Learning biologi berbasis STML berpotensi efektif untuk membangun sikap peduli lingkungan siswa. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, STML, Problem-Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, STML, Problem-Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 01 Dec 2015 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28578

Actions (login required)

View Item View Item