PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 KLATEN

Yuniarti, Yuniarti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuniarti.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 sebanyak 33 siswa. Desain penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan PBL, dan keterampilan sosial, lembar soal tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Kriteria keberhasilan kemampuan berpikir kritis siswa adalah jumlah siswa yang mendapat nilai posttest ≥ 75 mencapai ≥ 75% dari seluruh siswa dalam kelas. Kriteria keberhasilan keterampilan sosial siswa adalah setiap siswa minimal mencapai kategori bagus (69-84). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL selama dua siklus dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat pada siklus II yang ditandai dengan persentase ketuntasan pada posttest lebih dari 75%. Persentase ketuntasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 0%, setelah tindakan siklus I sebesar 61%, setelah tindakan siklus II sebesar 76%. Keterampilan sosial siswa meningkat pada siklus I dan siklus II. Hal ini ditandai dengan semua siswa telah mencapai kategori batas minimal bagus (rentang nilai 69-84). Sebanyak 20 siswa mencapai kategori sangat bagus dan 13 siswa mencapai kategori bagus pada siklus I. Sebanyak 29 siswa mencapai kategori sangat bagus dan 4 siswa mencapai kategori bagus pada siklus II. Kata kunci: model pembelajaran PBL, kemampuan berpikir kritis, keterampilan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran PBL, kemampuan berpikir kritis, keterampilan sosial
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 01 Dec 2015 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28577

Actions (login required)

View Item View Item