Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret Kelas X SMK

Rahmadi, Furdan (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret Kelas X SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-furdan-rahmadi-12709251019.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif yang berorientasi pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa SMK di Yogyakarta pada materi pokok barisan dan deret. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem based learning dengan model yang diadopsi dari Borg and Gall, yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design, dan Develop. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, dan spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian siswa, lembar penilaian guru, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang berorientasi pada kemampuan penalaran dan komunikasi siswa pada materi barisan dan deret. Perangkat pembelajaran terdiri rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif meningkatkan kemampuan penelaran dan komunikasi matematika siswa. Kepraktisan pada uji coba terbatas mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 80,33 % pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 93,33 %. Keefektifan ditinjau dari hasil uji coba tes hasil belajar menunjukkan ketercapaian ketuntasan minimal dengan 78,33 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, kemampuan penalaran, komunikasi matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Dec 2015 09:43
Last Modified: 09 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28576

Actions (login required)

View Item View Item