ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2014/2015

Sari, Alfiana Monika (2015) ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alfiana Monika Sari.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ragam kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik SMA N 1 Imogiri kelas X semester 2 tahun ajaran 2014/2015 materi Animalia sub materi Avertebrata dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik SMA N 1 Imogiri kelas X semester 2 tahun ajaran 2014/2015 materi Animalia sub materi Avertebrata. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif-deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Imogiri tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, metode observasi, kuesioner/angket, dan tes prestasi belajar. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui ragam kesulitan belajar peserta didik berupa lembar observasi, lembar angket, dan soal tes prestasi belajar. Validitas instrumen dalam penelitian ini dilakukan dengan mengkonsultasikan butir-butir soal instrumen kepada para ahli. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik tidak sesuai dengan kemampuan intelegensi yang dimilikinya yang seharusnya peserta didik mampu mencapai prestasi belajar yang telah ditetapkan namun peserta didik mengalami kesulitan belajar. Oleh karena itu, ragam kesulitan belajar Biologi peserta didik termasuk ke dalam kategori under achiever. Faktor-faktor kesulitan belajar Biologi peserta didik pada sub materi Avertebrata berasal dari faktor internal aspek kesiapan belajar peserta didik serta faktor eksternal yaitu sumber belajar. Kata kunci: ragam kesulitan belajar, Avertebrata, under achiever, kesiapan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ragam kesulitan belajar, Avertebrata, under achiever, kesiapan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 01 Dec 2015 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28574

Actions (login required)

View Item View Item