PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU KELAS VI A SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA

Mafaza, Azkia (2015) PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU KELAS VI A SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
AZKIA MAFAZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian portofolio dalam mata pelajaran bahasa Indonesia oleh guru kelas VI A SD Negeri Golo, Yogyakarta meliputi isi portofolio, kriteria penilaian isi portofolio, format penilaian isi portofolio, teknik penilaian dan bentuk penyusunan portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, subjek penelitian guru kelas VI A SD Negeri Golo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yang membandingkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) isi portofolio yang dikembangkan berisi tugas harian siswa (menulis formulir kartu anggota perpustakaan, menulis tangapan berupa saran dan berupa pertanyaan) dan satu ulangan mingguan siswa, materi tugas tersebut sama dengan materi yang terdapat dalam silabus. 2) guru tidak mengembangkan kriteria dan format penilaian isi portofolio, karena terbatasnya waktu yang dimiliki guru untuk persiapan UAN dan tugas-tugas sekolah yang menjadi tanggung jawab guru kelas VI A. 3) teknik penilaian yang dikembangkan guru yaitu tertulis dan lisan dan telah sesuai dengan kompetensi dasar yang ditentukan. 4) bentuk penyajian portofolio yang dikembangkan guru yaitu archifal portofolio. Archifal portofolio yang dikembangkan guru berupa buku kumpulan tugas siswa dan map portofolio. Bagian-bagian portofolio pada map portofolio belum lengkap, hanya terdiri sampul dan identitas siswa. Kegiatan penyusunan portofolio yang dilaksanakan telah melibatkan siswa untuk langsung menyusun hasil karyanya ke dalam map masing-masing. Kata kunci : penilaian portofolio, mata pelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Dec 2015 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28573

Actions (login required)

View Item View Item