PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Juwita, Ignes Marga (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ignes Marga Juwita.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model problembased learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa, (2) pengaruh model problem-based learning terhadap penguasaan konsep pencemaran lingkungan pada siswa, dan (3) untuk mengetahui hubungan kemampuan pemecahan masalah dengan penguasaan konsep pada siswa Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah model pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas berdasarkan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan model problem-based learning, dan soal pretes serta postes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep pada siswa. Data hasil penelitian tentang kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep pada siswa dianalisis dengan uji One-Way ANOVA dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan model problem-based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa (2) pembelajaran dengan menggunakan model problem-based learning berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep pada siswa, (3) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep pada siswa, semakin tinggi kemampuan pemecahan masalah siswa , semakin tinggi penguasaan konsep siswa. Kata kunci : problem-based learning, kemampuan pemecahan masalah, penguasaan konsep

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, kemampuan pemecahan masalah, penguasaan konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 01 Dec 2015 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28572

Actions (login required)

View Item View Item