KINERJA GURU KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI SEBAGAI PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN SLEMAN

Fitria Widaswari, Fitria (2015) KINERJA GURU KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI SEBAGAI PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN SLEMAN. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Other
SKRIPSI FITRIA WIDASWARI - NIM. 11402249001.PDF

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dalam melaksanakan fungsinya sebagai pendidik dilihat dari empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadiaan, profesional, dan sosial di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian yang mendiskripsikan peristiwa, perilaku orang atau suatu keadaan secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan cara memilih sampel di antara populasi yang merupakan informan kunci yaitu guru Administrasi Perkantoran. Informan pendukung yaitu kepala sekolah, guru lainnya (teman sejawat), serta siswa kelas X-XI Administrasi Perkantoran. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dilihat dari kompetensi pedagogik tergolong baik dengan persentase hasil 67% kategori Baik, 27% kategori Cukup, 4% kategori Kurang dan 2% kategori Sangat Baik. Kinerja guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dilihat dari kompetensi kepribadiaan tergolong baik dengan persentase hasil 90% kategori Baik, dan 10% kategori Cukup. Kinerja guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dilihat dari kompetensi sosial tergolong baik dengan persentase hasil 57% kategori Baik, dan 43% kategori Sangat Baik. Kinerja guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dilihat dari kompetensi profesional tergolong rendah dengan persentase hasil 43% kategori Kurang, 29% kategori Cukup, 21% kategori Baik, 7% kategori Sangat Baik. Hambatan guru diantara adalah terbatasnya ketersediaan sarana prasarana dan motivasi yang berasal dari guru sendiri misalnya tidak berkembangannya referensi mengajar, belum memanfaatkan fasilitas wifi sekolah dengan baik, serta belum pernah melakukan tindakan reflektif seperti penelitian tindakan kelas. Kata Kunci: Kinerja Guru, Pendidik, Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 01 Dec 2015 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28571

Actions (login required)

View Item View Item