Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbentuk Komik Model Problem-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP

Lestari, Devy indah (2015) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbentuk Komik Model Problem-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-devy-indah-lestari1370825119.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik, (2) kriteria kelayakan, dan (3) keefektifan media komik model PBL pada pembelajaran IPA di SMP kelas VII dalam meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model Borg & Gall yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk (penyusunan komik, validasi & revisi, (4) pengujian terbatas dan revisi produk, uji lapangan dan revisi produk, serta (5) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media serta dinilai oleh guru IPA dan teman sejawat dari mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Sains. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sentolo. Pengujian lapangan menggunakan nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi produk media komik, lembar observasi sikap ilmiah, angket sikap ilmiah, dan butir tes (pretes dan postes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbentuk komik: (1) memiliki karakteristik: alur cerita sesuai sintaks PBL, judul komik merupakan integrasi dari KD 4.3, KD 7.3, dan KD 7.4, cerita dalam komik memuat indicator berfikir analitis, tokoh dalam komik diperankan melalui sikap ingi tahu dan berfikir terbuka, (2) layak digunakan dengan kriteria ‘sangat baik’ dan (3) efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media komik, kemampuan berfikir analitis, dan sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2015 08:56
Last Modified: 09 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28563

Actions (login required)

View Item View Item