Pengembangan Model Pembelajaran Physics E-Project Berbantuan Jejaring Sosial Edmodo untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Kreatif Siswa SMA Kelas XI

Sari, Karlina indah (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Physics E-Project Berbantuan Jejaring Sosial Edmodo untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Kreatif Siswa SMA Kelas XI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-karlina-indah-sari-13708251023.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran Physics E-Project berbantuan jejaring sosial Edmodo yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan sikap kreatif siswa secara simultan dalam pembelajaran fisika setelah diterapkannya model Physics E-Project berbantuan jejaring sosial Edmodo. Penelitian ini termasuk dalam ranah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan langkah-langkah yaitu: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan awal produk; (4) uji coba terbatas; (5) revisi; (6) uji coba lapangan; dan (7) revisi hasil uji coba. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 28 siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 27 orang siswa kelas XI IPA 1 dan pada kelas kontrol terdiri dari 26 orang siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal untuk mengukur keterampilan proses sains, angket untuk mengukur sikap kreatif siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Physics E-Project berbantuan jejaring sosial Edmod ditinjau dari aspek teori pendukung, sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring, mekanisme pelaksanaan, dan pedoman penilaian, layak digunakan pada pembelajaran fisika di sekolah dengan kategori sangat baik. Hasil uji MANOVA menunjukkan model pembelajaran Physics E-Project berbantuan jejaring sosial Edmodo dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap kreatif siswa dengan p < 0,05 pada taraf signifikansi 5 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Physics E-Project, jejaring sosial Edmodo, keterampilan proses sains, sikap kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2015 08:56
Last Modified: 09 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28561

Actions (login required)

View Item View Item