Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik Di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Cenderawasih

Koirewoa, Dolfina costansah (2015) Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik Di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Cenderawasih. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dolfina-costansah-koirewoa-13708251115.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui informasi tentang1) penguasaan konten kimia dan pemahaman tentang pendekatan saintifik dan penilaian autentik oleh mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Cenderawasih, 2) implementasi pendekatan saintifik dan penilaian autentik dalam proses pembelajaran kimia, 3) hambatan yang dihadapi dalam implementasi pendekatan saintifik, dan 4) hambatan yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menerapkan model kesenjangan. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Cenderawasih dan subyek penelitiannya yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia dengan obyek penelitian sebanyak 14 orang mahasiswa PPL. Data diperoleh melalui teknik tes dan non-tes dengan instrumen seperti tes pilihan ganda beralasan, angket, lembar observasi dan penilaian dokumen.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) rata-rata penguasaan ilmu kimia sebesar 46,34 sehingga sebagian besar berada pada kategori kurang tinggi (KT) yaitu sebesar 50% (7 mahasiswa). Rata-rata pemahaman pendekatan saintifik dan penilaian autentik sebesar 65,43 dengan kategori sangat tinggi (ST) sebesar 14,285% (2 mahasiswa) dan kategori tinggi sebesar (T) 42,86% (6 mahasiswa), 2) rata-rata implementasi pendekatan saintifik sebesar 19,3 dengan kategori tinggi (T) yaitu sebesar 64,3% (9 mahasiswa) dan rata-rata penilaian autentik sebesar 6,11 dengan kategori sangat tinggi (ST) sebesar 14,3% (2 mahasiswa); tinggi (T) sebesar 28,6 (4 mahasiswa) kurang tinggi (KT) sebesar 50% (7 mahasiswa), 3) hambatan dalam implementasi pendekatan saintifik: penerapkan kurikulum 2013 tidak merata pada sekolah mitra, tidak ada sinkronisasi antara strategi pembelajaran (model pembelajaran) dengan tahapan pembelajaran dalam kegiatan inti, dan 4) kurangnya pemahaman tentang penilaian autentik dan penilaian kompetensi kognitif sebagai suatu kebiasaan untuk dilakukan dibanding dua kompetensi lainnya. Secara umum menunjukkan bahwa mahasiswa PPL Program Studi Kimia FKIP UNCEN belum cukup siap, baik secara penguasaan ilmu kimia, pemahaman tentang pendekatan saintifik dan penilaian autentik serta implementasi pendekatan saintifik dan penilaian autentik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan, mahasiswa program pengalaman lapangan, pendekatan saintifik, penilaian autentik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2015 08:56
Last Modified: 09 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28559

Actions (login required)

View Item View Item