Pengembangan Model Pembelajaran OPEK pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Practical Skill dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA

Afriyanti, Afriyanti (2015) Pengembangan Model Pembelajaran OPEK pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Practical Skill dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-afriyanti-13708251039.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran OPEK pada pembelajaran fisika yang layak digunakan di sekolah; dan (2) mengetahui apakah model pembelajaran OPEK pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan practical skill dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan mengadaptasi prosedur pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi akhir produk. Subjek uji coba lapangan awal terdiri dari 30 orang peserta didik kelas X MIA 8 SMA N 7 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 36 peserta didik kelas X MIA 6 dan pada kelas kontrol terdiri dari 34 peserta didik kelas X MIA 4 SMA N 7 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis dan lembar observasi untuk mengukur practical skill, angket untuk mengukur sikap ilmiah, angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran OPEK pada pembelajaran fisika yang dikembangkan layak digunakan di sekolah dengan kategori baik ditinjau dari aspek teori pendukung, sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, serta dampak instruksional dan pengiring; (2) Model pembelajaran OPEK pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan practical skill dan sikap ilmiah peserta didik ditunjukkan dari signifikansi hasil uji MANOVA kurang dari 0,05 pada taraf siginifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran OPEK, pembelajaran fisika, practical skill, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2015 08:56
Last Modified: 09 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28558

Actions (login required)

View Item View Item