PENGARUH PROFITABILITAS, ASSET GROWTH, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Prayogi, Sulchan (2015) PENGARUH PROFITABILITAS, ASSET GROWTH, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SulchanPayogi_12808147007.pdf

Download (69MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, asset growth, leverage, dan ukuran perusahaan secara parsial terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian ini diambil berdasarkan data keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kausal dengan tipe ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur di BEI, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar -3,607 dan nilai signifikansi sebesar 0,002; (2) Asset growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur di BEI, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,679 dan nilai signifikansi sebesar 0,003; (3) Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur di BEI, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,226 dan nilai signifikansi sebesar 0,006; (4) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur di BEI, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,014 dan nilai signifikansi sebesar 0,433; dan (5) profitabilitas, asset growth, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh nilai F hitung sebesar 4,030 dengan signifikansi sebesar 0,010.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Asset Growth, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 30 Nov 2015 08:56
Last Modified: 30 Jan 2019 05:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28556

Actions (login required)

View Item View Item