MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI DATAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOTRI LEGENDRI PADA ANAK KELAS B TK SUNAN KALIJOGO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN

Marlia, Andriyani (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI DATAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOTRI LEGENDRI PADA ANAK KELAS B TK SUNAN KALIJOGO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Marlia Andriyani - NIM 11111247004 .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri datar melalui kegiatan permainan tradisional pada Kelompok B TK Sunan Kalijogo Cangkringan. Permainan tradisional yang digunakan dibatasi pada permainan Gotri Legendri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Sunan Kalijogo yang berjumlah 19 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 19 anak mengenal bentuk-bentuk geometri datar dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain gotri legendri yang dilakukan melalui 1) stimulasi menyebutkan bentuk-bentuk geometri, 2) stimulasi membentuk posisi pola lantai. Tindakan tersebut dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri datar. Pada saat dilakukan observasi pra tindakan, pada indikator menyebutkan bentuk-bentuk geometri sebesar 26,32% dan pada indikator membentuk posisi pola lantai sebesar 21,05% masih menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan masih kurang dari indikator keberhasilan yang ditentukan berada pada kriteria kurang sekali, pada Siklus I indikator menyebutkan bentuk-bentuk geometri sebesar 31,58% dan membentuk posisi pola lantai sebesar 26,32% menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria cukup dan pada Siklus II indikator menyebutkan bentuk-bentuk geometri sebesar 89,47% dan membentuk posisi pola lantai sebesar 84,64%. Perolehan persentase pada Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam menyebutkan bentuk-bentuk geometri datar anak Kelompok B dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% dan pelaksanaan penelitian dihentikan. Kata kunci: Bentuk-bentuk geometri datar, Permainan tradisional gotri legendri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Nov 2015 00:57
Last Modified: 30 Jan 2019 05:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28553

Actions (login required)

View Item View Item