PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN ACCOUNTING GAME BERBASIS GAME EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMAN 1 PLERET TAHUN AJARAN 2015/2016

RAMADHAN, YASIR (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN ACCOUNTING GAME BERBASIS GAME EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMAN 1 PLERET TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Fun Accounting Game Berbasis Game Edukatif pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Pleret tahun ajaran 2015/2016 2) Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Fun Accounting Game Berbasis Game Edukatif berdasarkan penilaian Ahli Materi, Ahli Media, dan Siswa. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dan dimodifikasi dari prosedur pengembangan Borg dan Gall (1989). Tahapannya meliputi: Penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk utama, uji coba utama, revisi produk opersional, uji coba operasional, revisi produk akhir serta diseminasi dan implementasi. Pada tahap pengembangan produk awal dilakukan validasi materi oleh dua orang ahli materi (dosen dan guru) dan validasi media oleh satu orang ahli media (dosen). Terdapat tiga uji coba yang dilakukan untuk mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran Fun Accounting Game berbasis game edukatif. Uji coba pertama yaitu uji coba awal yang melibatkan 7 responden, kedua yaitu uji coba utama yang melibatkan 25 responden dan yang ketiga yaitu uji coba operasional yang melibatkan 38 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif, kemudian data ini dianlisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) Berhasil mengembangkan Media Pembelajaran Fun Accounting Game Berbasis Game Edukatif pada mata pelajaran Ekonomi 2) Tingkat kelayakan berdasarkan penilaian: Ahli Media diperoleh persentase 71,42% yang termasuk dalam kategori Layak, Ahli Materi diperoleh rata-rata persentase 92,04% yang termasuk kategori Sangat Layak, uji coba awal diperoleh rata-rata persentase 78,90% yang termasuk kategori Sangat Layak, uji coba utama diperoleh rata-rata persentase 77,00% yang termasuk kategori Sangat Layak, uji coba operasional diperoleh rata-rata persentase 82,00% dengan kategori Sangat Layak, dengan demikian Media Pembelajaran Fun Accounting Game Berbasis Game Edukatif yang dikembangkan ini layak digunakan dalam mata pelajaran Ekonomi .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukatif, Fun Accounting Game.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Nov 2015 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 05:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28547

Actions (login required)

View Item View Item