ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN MERGER DAN AKUISISI YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2009-2013

Mikha Sasma Kristandi, Mikha (2015) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN MERGER DAN AKUISISI YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2009-2013. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Mikha Sasma Kristaadi_11412141028.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Merger dan Akuisisi merupakan salah satu strategi yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Merger dan akusisi diharapkan dapat memperbaiki kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan rasio keuangan diantaranya; Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Debt to Equity Ratio (DER), Time Interest Earned Ratio (TIE), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Total Asset Turnover Ratio (TATO), Working Capital Turnover (WCT),Fixed Asset Turnover Ratio (FATO), Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin(NPM) dan Operating Income Margin (OIM). Penelitian ini termasuk dalam penelitian event study dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan data yang diperoleh sebanyak 19 perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dari pengujian Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan untuk rasio keuangan Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Debt to Equity Ratio (DER), Time Interest Earned Ratio (TIE), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Total Asset Turnover Ratio (TATO), Working Capital Turnover (WCT), Fixed Asset Turnover Ratio (FATO) dan Net Profit Margin (NPM) tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pada Gross Profit Margin (GPM) dan Operating Income Margin (OIM) antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Hal ini menunjukkan bahwa merger dan akuisisi tidak terlalu mempengaruhi perubahan kinerja keuangan perusahaan. Kata Kunci: Merger dan Akuisisi, Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan, Event Study, Wilcoxon Signed Rank Test.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:32
Last Modified: 29 Jan 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28545

Actions (login required)

View Item View Item