HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF DENGAN KESIAPAN SISWA MENGHADAPI UJI KOMPETENSI KEAHLIAN JURUSAN OTOMOTIF DI SMK 45 WONOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

Budi Santoso, Wibowo (2011) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF DENGAN KESIAPAN SISWA MENGHADAPI UJI KOMPETENSI KEAHLIAN JURUSAN OTOMOTIF DI SMK 45 WONOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_RELATIONSHIP_OF_LEARNING_INTERESTS_AND_PRODUCTIVE_COURSE_WITH_THE_STUDENTS_READINESS_TO_FACE_COMPETENCE_TEST.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Menganalisa hubungan antara minat belajar dengan kesiapan siswa menghadapi uji kompetensi; (2) Menganalisa hubungan antara hasil belajar mata diklat produktif dengan kesiapan siswa menghadapi uji kompetensi; (3) Menganalisa hubungan antara minat belajar dan hasil belajar mata diklat produktif secara bersama dengan kesiapan siswa menghadapi uji kompetensi . Jenis penelitian deskriptif analitik yang menggunakan rancangan korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas III SMK 45 Wonosari Jurusan Otomotif berjumlah 124 orang. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa yang diambil menggunakan Nomogram Harry King. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi linier ganda. Data variabel penelitian telah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji homocedasticity. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan antara minat belajar dengan kesiapan siswa menghadapi uji kompetensi dengan nilai r = 0,831 dengan kategori sangat kuat dan p = 0,000 karena p < 0,05 maka hubungan signifikan; (2) Ada hubungan antara hasil belajar mata diklat produktif dengan kesiapan siswa menghadapi uji kompetensi dengan nilai r = 0,302 dengan kategori hubungan rendah dan p = 0,000 karena p < 0,05 maka hubungan signifikan; (3) Ada hubungan antara minat belajar dan hasil belajar mata diklat produktif dengan kesiapan siswa menghadapi uji kompetensi dengan koefisien korelasi r = 0,831 dengan kategori hubungan sangat kuat dan dengan nilai koefisien determinasi = 0,691 maka persentase pengaruh minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item