Umi Nurany, Desi (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE PENGALIRAN IMAJI BERBANTUAN MEDIA PUISI PADA SISWA KELAS X.I SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Skripsi_Desi Umi_2015.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X.I SMA Negeri 11 Yogyakarta melalui metode pengaliran imaji berbantuan media puisi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.I SMA Negeri 11 Yogyakarta berjumlah 31 orang. Penelitian difokuskan pada peningkatan proses dan hasil menulis cerpen melalui metode pengaliran imaji berbantuan media puisi pada siswa kelas X.I SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes menulis cerpen, pengamatan, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi tugas siswa. Teknik kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan, pengisian angket, dan hasil penilaian menulis cerpen siswa sebelum dan setelah dilakukan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan metode pengaliran imaji berbantuan media puisi pada siswa kelas X.I SMA Negeri 11 Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses ditunjukkan dengan peningkatan sikap siswa yang positif selama pembelajaran menulis cerpen. Hal ini dibuktikan dengan sikap siswa yang serius, aktif, dan antusias selama pembelajaran. Peningkatan hasil ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata- rata cerpen siswa. Skor rata-rata siswa pada pratindakan, siklus I, dan siklus II adalah 70.12, 74.94, dan 81.46. Dengan demikian, keterampilan menulis cerpen siswa telah mengalami peningkatan, baik pada kualitas proses maupun kualitas hasil pembelajaran setelah dilakukan tindakan melalui metode pengaliran imaji berbantuan media puisi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 01:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28513 |
Actions (login required)
View Item |