KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA

Haryani, Septi (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATES, D.I. YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Estimate, Read, Respond, and Question (selanjutnya disingkat ERRQ) dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates; (2) keefektifan strategi ERRQ dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yakni variabel bebas berupa penggunaan strategi ERRQ dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan dan variabel terikat berupa kemampuan membaca pemahaman teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-VIII G SMP Negeri 1 Wates. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara pengundian. Berdasarkan teknik tersebut ditetapkan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes. Instrumen dikonsultasikan kepada orang yang ahli (expert judgement), yakni guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Wates dan diujicobakan pada siswa di luar sampel yakni siswa kelas VIII D. Uji reliabilitas menggunakan bantuan program iteman. Sebelum dilakukan penghitungan uji-t maka dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan penghitungan tersebut skor prates dan pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terbukti normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil penghitungan uji-t skor pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung 3.743 dengan db=47 dan nilai p sebesar 0.000 pada taraf signifikansi 5% (p < 0.05). Sementara itu, penghitungan uji-t sampel berhubungan data prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 8.970 dengan df = 24 dan p sebesar 0.000, nilai p lebih kecil dari pada taraf kesalahan 5% (0.000 < 0.05). Berdasarkan hasil penghitungan tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi ERRQ dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. (2) Strategi ERRQ efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 24 Nov 2015 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 05:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28501

Actions (login required)

View Item View Item