BENI, ISWADI (2011) PENGARUH PENINGKATA N KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PRAKTEK TUNE UP MOTOR BENSIN DI SMK MUHAMMADYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.
|
Text
THE_EFFECT_OF_CONFIDENCE_IMPROVEMENT_IN_STUDENT_LEARNING_PRACTICES_COURSE_OF_GASOLINE_MOTOR_TUNE_UP_SMK_MUHAMMADIYAH_PRAMBANAN_IN_ACADEMIC_YEAR_OF_2010-2011.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mempunyai bertujuan untuk mengetahui adanya: (1) pengaruh penggunaan peningkatan percaya diri terhadap hasil belajar siswa kelas 2 Jurusan Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan, (2) Perbedaan hasil belajar siswa antara yang diberi peningkatan kepercayaan diri dengan yang tidak diberi kepercayaan diri pada siswa kelas siswa kelas 2 Jurusan Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 program keahlian teknik otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan. Obyek penelitian yaitu hasil belajar siswa kelas 2 jurusan teknik otomotif pada mata praktek tune up motor bensin. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimen designt. Desain yang digunakan penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Tes dan angket berupa pretest dan posttest yang diberikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas instrumen dilakukan secara experts judgment.. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan t-test dengan bantuan komputer program Microsoft office Excel 2007. Statistik deskriptif digunakan untuk mengetahui kecenderungan tingkat prestasi belajar siswa, sedangkan t-test digunakan untuk mengetahui perbedaaan tingkat hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan penngkatan percaya diri pada pembelajaran mata diklat praktek tune up motor bensin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : rerata kepercayaan diri post-test kelas eksperimen = 70,36, kepercayaan diri post-test kelas kontrol = 64,.36, serta rerata hasil belajar post-test kelas eksperimen = 73,75, post-test hasil belajar kelas kontrol = 68,61. Ada perbedaan kepercayaan diri antara kelas experimen dibanding kelas kontrol sebesar 4,45% serta perbedaan hasil belajar antara kelas experimen dibanding kelas kontrol sebesar 3,61%. Hasil uji t posttest kepercayaan diri sebesar 2,250 dan hasil belajar sebesar 1,689, jika dibanding dengan t tabel (1,689) dan di uji dengan uji pihak kanan maka t hitung > t tabel sehingga Ho di tolak dan Ha di terima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peningkatan kepercayaan diri terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Users 1141 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2012 01:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2850 |
Actions (login required)
View Item |