HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG I BODEH AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Aziza, Anisa Rachma (2015) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG I BODEH AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anisa Rachma Aziza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah Ambarketawang I Bodeh Ambarketawang Gamping Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Ambarketawang I Bodeh Ambarketawang Gamping Sleman Yogyakarta. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 27 siswa. Uji coba instrumen terdiri atas uji validitas uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis yang digunakan yaitu uji normalitas. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah Ambarketawang I Bodeh Ambarketawang Gamping Sleman Yogyakarta yang dapat ditunjukkan dengan harga t hitung sebesar 6,402 dan nilai signifikansinya adalah 0,000. Selain itu kontirubusi/sumbangan 0,621 atau 62,1% yang artinya motivasi belajar memberikan pengaruh sebesar 62,1% terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan terhadap prestasi belajar IPS. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 05:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28487

Actions (login required)

View Item View Item