KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “MATEMATIKA CERIA” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP LAMBANG BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA AUTIS KELAS 1 DI SLB FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA

Setiawan, Panjasworo (2015) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “MATEMATIKA CERIA” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP LAMBANG BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA AUTIS KELAS 1 DI SLB FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SETIAWAN PANJASWORO_10103244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif “Matematika Ceria” terhadap kemampuan pemahaman konsep lambang bilangan. Pemahaman konsep lambang bilangan penelitian ini meliputi aspek memaknai lambang bilangan, membandingkan nilai antar lambang bilangan, mengurutkan lambang bilangan sesuai nilainya dan melengkapi urutan baris lambang bilangan pada siswa autis kelas I di SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subyek penelitian yaitu siswa autis kelas I berinisial GD. Pengumpulan data melalui pengukuran persentase ketercapaian pemahaman konsep lambang bilangan menggunakan tes performances. Data yang diperoleh dianalisis melalui deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan multimedia interaktif “Matematika Ceria” terbukti efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep lambang bilangan pada siswa autis. Hal ini ditunjukan melalui naiknya skor mean level pada setiap aspek pemahaman konsep lambang bilangan. Pada aspek memaknai lambang bilangan mean level meningkat dari 56% baseline-1 (A), 84.55% intervensi (B) dan 91.66% pada baseline-2 (A’), sedangkan pada aspek membandingkan nilai antar lambang bilangan mean level meningkat dari 48.75% baseline-1 (A), 73.2% intervensi (B) dan 80.5% baseline-2 (A’), demikian pula pada aspek mengurutkan lambang bilangan sesuai nilainya mean level meningkat dari 62% baseline-1 (A), 86% intervensi (B) dan 94.33% pada baseline-2 (A’), dan aspek melengkapi urutan baris lambang bilangan mean level meningkat dari 63.33% baseline-1 (A), 85% intervensi (B) dan 93.33% baseline-2 (A’).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Nov 2015 09:47
Last Modified: 30 Jan 2019 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28473

Actions (login required)

View Item View Item