PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMK NEGERI BIDANG TEKNOLOGI DAN INDUSTRI SE-DIY

Azis, Zunanto (2011) PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMK NEGERI BIDANG TEKNOLOGI DAN INDUSTRI SE-DIY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_EFFECT_OF_TEACHER_CERTIFICATION_TO_TEACHER_PROFESSIOANLISM_STATE_VOCATIONAL_SCHOOL_FIELD_OF_TECHNOLOGY_AND_INDUSTRY_IN_DIY.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Profesionalisme merupakan tuntutan bagi guru sebagai seorang agen pembelajaran.Sertifikasi guru merupakan salah satu program yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri bidang teknologi dan industri se-DIY. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru mata diklat produktif SMK Negeri bidang teknologi dan industri se-DIY. Teknik sampling yang digunakan adalah area probability sampling dan proportional random sampling. Sampel yang diambil sejumlah 191 guru dari 10 SMK Negeri bidang teknologi dan industri, yang terdiri dari 131 guru bersertifikat pendidik dan 60 guru yang belum bersertifikat pendidik. Pengumpulan data profesionalisme guru dilakukan dengan metode penilaian profesionalisme guru oleh ketua jurusan. Sedangkan pengumpulan data sertifikasi guru dilakukan dengan metode dokumentasi. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan expert judgment dan korelasi Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan tehnik split half dengan rumus Spearman Brown. Data yang didapatkan selanjutnya dilakukan analisis deskriptif dengan software Microsoft Excel 2007 for Windows. Pengujian persyaratan analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan rumus Chi kuadrat dan uji homogenitas dengan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji t untuk one tail test, yaitu uji pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru mata diklat produktif SMK Negeri bidang teknologi dan industri bersertifikat pendidik 58,02% pada kategori sangat tinggi, 36,64% pada kategori tinggi, dan 5,34% pada kategori cukup. Sedangkan profesionalisme guru mata diklat produktif SMK yang belum bersertifikat pendidik 45% pada kategori sangat tinggi, 45% pada kategori tinggi, dan 10% pada kategori cukup. Selain itu terdapat perbedaan profesionalisme guru mata diklat produktif SMK. Guru mata diklat produktif yang bersertifikat pendidik lebih profesional daripada guru mata diklat produktif yang belum bersertifikat pendidik. Hal ini dibuktikan dari uji t di mana thitung 2,260 lebih besar dari ttabel 1,654 (thitung > ttabel). Dengan demikian terdapat pengaruh sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri bidang teknologi dan industri se-DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item