EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2007/2008

Galuh Ikasari, Yulianti (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
EFEKTIVITAS_PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_TEAMS_GAME_TOURNAMENT.docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap peningkatan kualitas di SMA dilihat dari aspek: (a)peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik, (b)peningkatan motivasi peserta didik untuk belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Klaten. Sampel penelitian sebanyak 80 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XE) dan kelas kontrol (XF) yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia dan data prestasi belajar kimia peserta didik yang dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova), data motivasi belajar kimia peserta didik yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rerata nilai kelas kantrol Iebih besar dari pada kelas eksperimen jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik (Fo=26.651; p=0,000). Hasil analisis dari uji-t beda subjek menunjuickan tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembeiajaran menggunakan metode kooperatif tipe TUT dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi (to=0,948; p=0,346). Hasil analisis dari uji-t sama subjek menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe 7GT (to = -3,532; p = 0,001).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item