KEEFEKTIFAN STRATEGI GAMBAR DAN GAMBAR BERBANTUAN MEDIA FOTO SERIAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 PIYUNGAN BANTUL DIY

Khoirul Basrowi, Muhammad (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI GAMBAR DAN GAMBAR BERBANTUAN MEDIA FOTO SERIAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 PIYUNGAN BANTUL DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Muhammad Khoirul Basrowi_PBSI_FBS_UNY_11201241036.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dalam menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan. Selain itu, juga bertujuan untuk membuktikan keefektifan strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dan variabel terikat yang berupa kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan kelas VII G sebagai kelas kontrol dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes menulis cerpen. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil uji normalitas menunjukan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji-t pada posttest menunjukkan t hitung adalah 2,177 dengan Db sebesar 51, diperoleh nilai p sebesar 0,034. Nilai p lebih kecil dari 5% (p< 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial. Kenaikan nilai rata-rata pretest ke posttest kelompok eksperimen sebesar 7,3. Kelompok kontrol sebesar 2,89. Kenaikan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian menunjukkan bahwa strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMPN 1 Piyungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28438

Actions (login required)

View Item View Item