PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA

Anggoro Pangestu, Rio (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
all skirpsi out.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama melalui penerapan model direct instruction pada siswa kelas XI IPA 1 di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanannya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Kolombo Sleman Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi, catatan lapangan, hasil wawancara, hasil tes keterampilan menulis naskah drama, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI IPA 1 SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Setelah diberi tindakan dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction, secara proses kualitas pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menjadi meningkat. Pada saat dilakukannya pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction terjadi perubahan pada aspek kondisi pembelajaran, keaktifan siswa dalam pembelajaran, keantusiasan mengikuti pembelajaran, dan kerjasama yang dibangun dalam peningkatan siswa daripada sebelum dilakukan Tindakan. Peningkatan secara produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat, yaitu pratindakan 48,9, siklus I 72,6, dan siklus II 78,6. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model direct instruction merupakan salah satu model yang mampu meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28434

Actions (login required)

View Item View Item