UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBERIAN KUIS PADA MATA DIKLAT CHASIS KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 PENGASIH KELAS JAUH DI KALIBAWANG

Azip, Shabari (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBERIAN KUIS PADA MATA DIKLAT CHASIS KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 PENGASIH KELAS JAUH DI KALIBAWANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
EFFORTS_TO_IMPROVE_MOTIVATION_AND_STUDENT_LEARNING_RESULTBY_GIVING_OF_QUIZ_ON_THE_CHASSIS_TRAINING_CLASS_XI_LIGHT_VEHICLE_ENGINEERING_SMKN_2_PENGASIH_FAR_CLASS_IN_KALIBAWANG.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan pemberian kuis pada mata diklat Chasis kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Pengasih Kelas Jauh di Kalibawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menggunakan metode pemberian kuis. Tahapan yang dilakukan dalam PTK yaitu planning, acting, observing dan reflecting. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Pengasih Kelas Jauh di Kalibawang dengan jumlah 25 siswa pada mata diklat Chasis. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 3 siklus, planning siklus I berdasarkan studi pendahuluan, acting dikelas dengan memberikan soal kuis tentang materi yang sudah disampaikan, observing motivasi belajar dan hasil belajar siswa selama penggunaan metode pemberian kuis. Planning siklus II dan III disusun berdasarkan refleksi siklus sebelumnya, acting dikelas dengan memberikan soal kuis tentang materi yang sudah disampaikan, observing motivasi belajar dan hasil belajar siswa selama penggunaan metode pemberian kuis pada siklus II dan III kemudian merefleksikan hasil penelitian. Aspek yang diteliti meliputi motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa dipantau melalui observasi langsung ke dalam kelas pada saat proses belajar dan mengajar berlangsung sedangkan hasil belajar siswa diukur dengan melaksanakan pretest pada awal pertemuan dan mengadakan posttest pada akhir pertemuan. Penelitian dapat dikatakan berhasil jika motivasi belajar siswa tinggi, yaitu memiliki presentase antara 50%-74,99% dan semua siswa memperoleh nilai 70,00. Hasil penelitian menunjukkan presentase motivasi siswa pada siklus I sebesar 46,90% kategori sedang, siklus II dan III 57,82% kategori tinggi dengan peningkatan sebesar 23,28%. Hasil belajar siswa pada siklus I, 12 siswa (48%) memperoleh nilai ≥ 70,00, siklus II dan III semua siswa memperoleh nilai ≥ 70,00. Peningkatan hasil belajar pada siklus I adalah 45%, siklus II adalah 83,61% dan pada siklus III adalah 81,10 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 07 Aug 2012 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item