TINJAUAN KOREOGRAFI TARI TABER DARAT SEBAGAI UPACARA ADAT DI DESA LAMPUR KECAMATAN SUNGAI SELAN KABUPATEN BANGKA TENGAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Sahnastasia, Sahnas (2015) TINJAUAN KOREOGRAFI TARI TABER DARAT SEBAGAI UPACARA ADAT DI DESA LAMPUR KECAMATAN SUNGAI SELAN KABUPATEN BANGKA TENGAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sahnastasia.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tari Taber Darat sebagai tari upacara adat di desa Lampur, kecamatan Sungai Selan, kabupaten Bangka Tengah provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Objek penelitian ini adalah koreografi tari Taber Darat di desa Lampur, kecamatan Sungai Selan, kabupaten Bangka Tengah. Subjek penelitian ini yaitu koreografer, penata musik, penari, pendukung, tokoh masyarakat, dan seniman tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan partisipatif, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini dengan alat bantu panduan wawancara mendalam, panduan observasi partisipatif, dan panduan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan dua tahap yaitu, tahap saat pengumpulan data dan tahap setelah pengumpulan data. Teknik analisi data dilakukan dengan reduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian koreografi Tari Taber Darat ini sebagai berikut: (1) Tari Taber Darat dipentaskan pada tahun 1974 sampai tahun 1984; (2) Bentuk penyajian tari Taber Darat menggambarkan suatu kegiatan di hutan; (3) Koreografinya diawali dengan pemilihan judul dari upacara adat Taber Darat di desa Lampur; (4) Ragam gerak Tari Taber Darat mengandung arti dan maksud ritual yang ada di hutan diantaranya ragam gerak Ngenteg Bumi Nyiang Balak, Betangkup, Kelik Berimbay, Nyembah, dan Sibeng Buluh Temiang; (5) Iringan tari Taber Darat terinspirasi dari unsur alam yang dimainkan dengan beberapa instrumen musik; (6) Tata rias pada penari menggambarkan sebuah karakter yang diperankan oleh masing-masing penari.; (7) Tata busana yang digunakan ikat kepala, baju kurung atau lengan panjang, ikat pinggang, dan celana panjang. Digunakan asesoris yang menjadi ciri khas yaitu buang pinang dan bunga pinang; (8) Pola lantai Tari Taber Darat terdiri atas lurus dan melengkung (sejajar, setengah lingkaran dan lingkaran); (9) Membawa properti sesaji, tetapi digunakan untuk menari; (10) Tempat pelaksanaan tari Taber Darat dilaksanakan di lapangan terbuka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: koreografi, tari Taber Darat, upacara adat.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 23 Nov 2015 03:04
Last Modified: 30 Jan 2019 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28423

Actions (login required)

View Item View Item