PENCIPTAAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK BAGI SISWA SMP MELALUI MEDIA KOMIK EDUKASI

Permatasari, Intan (2015) PENCIPTAAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK BAGI SISWA SMP MELALUI MEDIA KOMIK EDUKASI. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (155MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran batik berupa komik edukasi dengan unsur cerita, ilustrasi, materi dan gaya bahasa untuk siswa SMP sekaligus mengandung nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan mengenai batik yang dibutuhkan siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) atau R&D, dengan prosedur pengembangan adaptasi dari penelitian dan pengembangan Sugiyono (2014: 407). Melalui 8 tahapan yaitu: (1) Analisis Kebutuhan; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain Awal; (5) Revisi Desain; (6) Validasi Desain (Validasi Ahli); (7) Uji Coba Terbatas dan (8) Revisi Desain dan Mengimplementasikan Produk. Variabel dalam penelitian ini adalah komik edukasi dan mata pelajaran batik. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 1 Berbah kelas VII sejumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan penyederhanaan data secara deskriptif menggunakan tabel frekuensi. Validasi produk dilakukan oleh 4 orang ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penciptaan media pembelajaran batik berupa komik edukasi, memiliki unsur cerita yang sederhana sesuai keseharian kehidupan siswa di rumah dan di sekolah. Gaya bahasa yang digunakan singkat, padat, tidak terlalu formal dan sering digunakan dalam komik edukasi. Ilustrasi disesuaikan dengan jalan cerita sehingga mampu memperjelas materi batik. Materi mengenai nama dan makna motif batik dan proses membatik mulai dari alat-bahan hingga proses pelorotan. Pemilihan karakter tokoh dalam komik edukasi berdasarkan pemilihan siswa yaitu Chibi, sebanyak 58 halaman full color. Segi pendidikan dan seni, komik edukasi ini yakni (1) nilai sikap, seperti sopan- santun, tanggung jawab, kerjasama; (2) Nilai pengetahuan seperti cara membatik, jenis-jenis canting, jenis-jenis lilin batik; (3) Nilai keterampilan seperti mencanting yang benar, proses membatik yang benar, macam perwarna batik; (4) nilai estetika dalam pembuatan dan penyusunan komik edukasi seperti komposisi, kesatuan, keseimbangan. Berdasarkan penilaian tingkat kelayakan komik edukasi menunjukkan sangat baik sebesar (a) aspek isi = 80,65% (b) aspek media (desain) = 92,5% (c) aspek bahasa = 95,6% (d) aspek isi menurut guru mata pelajaran = 74,05% (e) aspek kelayakan menurut para siswa = 83,67%. Secara keseluruhan tingkat kelayakan komik edukasi batik = 85,7% dan aspek nilai sikap, nilai pengetahuan dan keterampilan = 86,13%. Dengan demikian komik edukasi dinyatakan layak dijadikan media pembelajaran batik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:41
Last Modified: 30 Jan 2019 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28413

Actions (login required)

View Item View Item