KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSARI

Tyas Noveria, Herlinda (2015) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation (GI) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI), (2) keefektifan penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari. Model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain control group pretest posttest. Variabel dalam penelitian ini ada dua, variabel bebas yaitu penggunaan strategi Pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling atau sampel random berkelompok. Hasilnya ditetapkan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, yaitu pretes dan postes menulis teks eksplanasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI). Hasil penghitungan uji-t pada data skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 3,418, df sebesar 40, dan P sebesar 0,001. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P 0,001<0,005) maka signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi di SMA Negeri 2 Wonosari. Hasil penghitungan uji-t pada data skor pretes dan postes kelompok eskperimen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 12,584, df sebesar 20, dan P sebesar 0,000. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P 0,000<0,005) maka signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28412

Actions (login required)

View Item View Item