PEMBINAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALTERNATIF BERBASIS KOMUNITAS (STUDI PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH)

Gunarti Ika, Pradewi (2015) PEMBINAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALTERNATIF BERBASIS KOMUNITAS (STUDI PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gunarti Ika Pradewi_11101241014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan pembinaan peserta didik di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan bulan Januari s.d Maret 2015. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan snowball sampling. Informan pada penelitian ini adalah guru pendamping dan peserta didik di KBQT. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan peserta didik di KBQT didasarkan pada potensi dan minat peserta didik yang tertuang dalam bentuk target (rencana capaian) peserta didik. Lebih lanjut ada dua komponen utama yang dipersiapkan dalam pembinaan peserta didik di KBQT, yaitu guru pendamping yang memenuhi persyaratan sebagai guru di sekolah alternatif dan sarana pendukung yang disediakan dengan melibatkan seluruh lingkungan KBQT. Dalam penyediaan berbagai layanan pembelajaran, KBQT menempatkan diri sebagai sebuah sistem yang terbuka, sehingga KBQT selalu melakukan kontak dengan masyarakat dan lingkungan sekitar untuk mendakapatkan dukungan baik pra, saat dan pasca pelaksanaan program pendidikan. Dalam rangka pembinaan aspek akademik guru pendamping di KBQT membebaskan peserta didik untuk belajar sesuai dengan minat masing-masing. Disisi lain pembinaan aspek non akademik lebih menekankan pada pembentukan karakter dan menanamkan budaya mendewasakan yang tercermin dari sedikitnya peraturan untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 19 Nov 2015 05:05
Last Modified: 30 Jan 2019 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28407

Actions (login required)

View Item View Item