PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM SETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP

Rohman, Hajarul Masi Hanifatur (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM SETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMP dan 2) mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganom Klaten yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian diperoleh secara acak/random, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan literasi matematis siswa berupa pretest dan posttest berbentuk uraian. Validasi instrumen menggunakan validitas isi oleh pada ahli (expert judgement) dengan hasil layak dengan revisi. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test untuk menguji pengaruh pembelajaran yang diterapkan pada kedua kelas dan one-sample test untuk menguji efektivitas pembelajaran pada kelas eksperimen. Perhitungan untuk pengujian tersebut dilakukan dengan bantuan softwareSPSS versi 19. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi , diperoleh kesimpulan bahwa 1) implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share lebih berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMP dan 2) implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share efektif diterapkan pada siswa SMP ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa. Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Think Pair Share (TPS), Kemampuan Literasi Matematis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Nov 2015 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28405

Actions (login required)

View Item View Item