PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MATERI KERAJINAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fadhillah, Nurul (2015) PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MATERI KERAJINAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian hasil belajar mata pelajaran keterampilan materi kerajinan di SMP Negeri 14 Yogyakarta, yang meliputi tahap perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan refleksi. Subjek penelitian yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah guru` dan peserta didik kelas VIII A yang melaksanakan pembelajaran keterampilan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa; 1) perencanaan penilaian hasil belajar mata pelajaran keterampilan, guru membuat rencana penilaian sesuai dengan silabus dan rencana pembelajaran, kemudian menentukan langkah-langkah penilaian yang dikembangkan melalui kriteria pencapaian kompetensi dasar (KD), menentukan teknik penilaian yang akan digunakan, menyusun kisi-kisi, membuat soal, menyusun lembar jawaban, membuat kunci jawaban dan menyusun pedoman penskoran. 2) pelaksanaan penilaian hasil belajar peserta didik mencakup aspek kompetensi afektif, kognitif dan psikomotor. Aspek afektif, guru menggunakan teknik penilaian observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Aspek kognitif menggunakan teknik penilaian tes. Aspek psikomotor, guru menggunakan teknik penilaian kinerja. 3) refleksi. Peserta didik yang nilainya di bawah KKM 75, diberikan program remidial. Terdapat 3 peserta didik yang belum mencapai KKM dalam ulangan harian dengan nilai 70, dan sebanyak 32 peserta ddidk mencapai KKM dari jumlah 35 peserta didik, pada Ulangan Tengah Semester (UTS) terdapat 25 peserta didik yang belum mencapai KKM dengan rata-rata nilai 72. Peserta didik yang nilainya di atas KKM, yang berarti sudah tuntas diberikan program pengayaan. Guru memadukan program pengayaan yang disisipkan pada setiap proses pembelajaran, agar pemerataan pemahaman materi pembelajaran pada peserta didik tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 19 Nov 2015 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28403

Actions (login required)

View Item View Item