PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO

Novi Kurniawan, Novi (2015) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo pada mata pelajaran Kearsipan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan prosedur penelitian meliputi prencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas X Administrasi Perkantoran 2 dengan jumlah siswa 38, terdiri dari 35 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Penerapan metode demonstrasi dilakukan secara kolaborasi dengan guru mata pelajaran Kearsipan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus diadakan refleksi agar prestasi belajar siswa dapat terlihat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: tes, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Kearsipan khususnya pada materi pengurusan surat masuk dan surat keluar. Rata-rata nilai ketuntasan siswa pada siklus I sebesar (81,57%)mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (89,47%). Kata kunci: Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar Kearsipan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28399

Actions (login required)

View Item View Item