PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 STANDAR KOMPETENSI MENANGANI SURAT/DOKUMEN KANTOR PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Cahyawati, Cahyawati (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 STANDAR KOMPETENSI MENANGANI SURAT/DOKUMEN KANTOR PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CAHYAWATI-NIM. 10402241032 .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 standar kompetensi menangani surat/dokumen kantor; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 standar kompetensi menangani surat/dokumen kantor. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R n D) berupa media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 standar kompetensi menangani surat/dokumen kantor. Pengembangan media dilakukan dengan 5 tahap yaitu concept (konsep pengembangan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan media), testing (uji coba atau penilaian). Subjek uji coba penelitian ini adalah 34 orang yaitu 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi serta 32 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates. Desain uji coba penelitian dan pengembangan meliputi dua tahap yaitu uji alpha dan uji beta. Sementara itu, teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk data kuantitatif sebagai data pokok, wawancara dan observasi untuk memperoleh data kualitatif yang berupa situasi pembelajaran dan kondisi sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh dari angket penilaian dianalisis, selanjutnya dikonversikan ke data kualitatif dengan skala Linkert. Data kualitatif berupa kritik dan saran dalam angket digunakan sebagai dasar revisi produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 standar kompetensi menangani surat/dokumen kantor berhasil dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan media), testing (uji coba atau penilaian); 2) hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,00 dengan kategori “baik”; hasil penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,1 dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba pengguna mendapatkan skor rata-rata 4,37 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 standar kompetensi menangani surat/dokumen kantor yang dikembangkan dianggap layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: media interaktif, Macromedia Flash 8.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28397

Actions (login required)

View Item View Item