PENGARUH KONDISI SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 PENGASIH

Vina Septiana Winarsiwi, Vina (2015) PENGARUH KONDISI SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 PENGASIH. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL (VINA SEPTIANA WINARSIWI_11402241011).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Kondisi Siswa terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih; (2) Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih; dan (3) Kondisi Siswa dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 30 siswa di SMK Negeri 1 Bantul. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) Kondisi Siswa terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Pengasih ditunjukkan dengan rx1y 0,710, x1y 0,504 dan thitung 7,935 > ttabel 1,999; (2) Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Pengasih ditunjukkan dengan rx2y sebesar 0,630, x2y 0,397 dan thitung 6,127 > ttabel 1,999; dan (3) Kondisi Siswa dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Pengasih ditunjukkan dengan Ry(1,2) 0,751, y(1,2) 0,563 dan Fhitung 39,366 > Ftabel 3,15. Kata kunci: Kondisi Siswa, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28390

Actions (login required)

View Item View Item