STRATEGI INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Rika Octaviana Putri, Rika (2015) STRATEGI INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi yang digunakan dalam mengintegrasikan soft skills; 2) mengetahui hambatan yang dihadapi dalam mengintegrasikan soft skills pada saat pembelajaran; dan 3) mengetahui cara yang ditempuh guru untuk mengatasi hambatan yang ditemui pada saat mengintegrasikan soft skills. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Informan kunci penelitian ini yaitu kepala kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Sedangkan informan pendukung yaitu guru-guru kompetensi keahlian administrasi perkantoran sebanyak 7 guru dan 14 siswa administrasi perkantoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi soft skills dalam pembelajaran kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Wates dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Strategi yang digunakan untuk mengintegrasikan soft skills mayoritas yaitu menggunakan cooperative learning, soft skills secara umum telah diintegrasikan dalam pembelajaran dengan didasari adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Terdapat beberapa hambatan dalam mengintegrasikan soft skills yaitu (a) guru kurang memahami karakter siswa; (b) guru belum begitu mengutamakan soft skills dalam pembelajaran; (c) guru belum mengetahui dan mengenal banyak strategi dan metode dalam mengintegrasikan soft skills; (d) perbedaan kesiapan dan karakter siswa dalam menerima pembelajaran, serta pengaruh lingkungan pergaulan, keluarga dan latar belakang siswa; (e) terbatasnya waktu dalam kegiatan belajar mengajar. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu (a) guru berusaha agar lebih dekat dengan siswa; (b) guru berusaha mengembangkan soft skills dalam pembelajaran; (c) guru berusaha mencari informasi mengenai strategi dan metode dalam mengintegrasikan soft skills; (d) guru mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan sekolah yang berdampak positif; (e) guru berusaha memaksimalkan waktu yang ada. Kata Kunci: Strategi, Soft skills, Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 23 Nov 2015 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28377

Actions (login required)

View Item View Item