PARTISIPASI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) PENDIDIKAN DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA (DIKPORA) DIY

Rohhaji, Nugroho (2015) PARTISIPASI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) PENDIDIKAN DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA (DIKPORA) DIY. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Rohhaji Nugroho_09110244019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan partisipasi LSM pendidikan di Yogyakarta dalam perumusan kebijakan pendidikan di Dikpora DIY. Subjek dalam penelitian ini adalah pejabat Dikpora DIY, seperti kepala dinas, kepala bagian perencanaan, atau staf yang bersangkutan, serta para aktifis dan penggerak LSM pendidikan. Sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah proses perumusan kebijakan di Dikpora DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini dibagi menjadi tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dikpora DIY telah memberi kesempatan bagi LSM pendidikan untuk ikut serta dalam perumusan kebijakan pendidikan di DIY. Meski begitu, LSM pendidikan belum bisa ikut serta secara penuh dalam perumusan kebijakan pendidikan, karena sebagian besar masih dieksekusi oleh Dikpora selaku eksekutif. Bentuk partisipasi yang dilakukan LSM dalam perumusan kebijakan di Dikpora, adalah bentuk partisipasi non-fisik. Partisipasi non-fisik terwujud dalam bentuk diskusi baik formal maupun informal yang sering dilakukan antara LSM pendidikan dengan Dikpora, terkait pembahasan suatu isu tertentu yang nantinya akan diwujudkan dalam bentuk kebijakan oleh Dikpora. Terdapat tiga jenis fungsi LSM yang berinteraksi dengan Dikpora: kemitraan, pengawasan, dan advokatif. Adapun LSM yang menjalankan fungsi pengawasan dan advokasi, adalah LSM Sarang Lidi, sedangkan fungsi kemitraan dilakukan oleh LSM Titian Foundation. Selain itu model kerja sama terbagi menjadi dua: collaboration/cooperation dan containment/sabotage/ dissolution.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28370

Actions (login required)

View Item View Item