Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pondok Pesantren Untuk Menanamkan Sikap Spiritual, Kemandirian, dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Madrasah Aliyah

Susanti, Nunung (2015) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pondok Pesantren Untuk Menanamkan Sikap Spiritual, Kemandirian, dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Madrasah Aliyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nunung-susanti-13708259004.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul biologi berbasis pondok pesantren yang memenuhi kriteria sebagai bahan ajar, (2) mengetahui efektivitas penggunaan modul biologi berbasis pondok pesantren terhadap peningkatan sikap spiritual siswa, kemandirian siswa, dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi strategi penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini hanya menggunakan langkah pertama sampai ketujuh yaitu tahap pencarian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan produk utama, dan revisi hasil uji coba produk utama. Modul hasil pengembangan kemudian diujicobakan pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim Sleman. Data yang dikumpulkan berupa hasil penilaian modul, kemandirian siswa, sikap spiritual, dan hasil belajar kognitif. Instrumen yang digunakan adalah: lembar validasi modul dan observasi kemandirian, angket keterbacaan modul, respon siswa, penilaian diri sikap spiritual, kemandirian, serta tes. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif maupun kualitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menilai kelayakan modul, sedangkan analisis kuantitatif untuk mengetahui efektifitas modul dalam meningkatkan sikap spiritual, kemandirian, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian adalah: (1) produk modul biologi berbasis pondok pesantren yang memenuhi kriteria sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian dari validator, praktisi, dan siswa dengan kategori nilai sangat baik (A), (2) modul efektif untuk meningkatkan sikap spiritual siswa yang ditunjukkan dari peningkatan rerata skor sikap spiritual kelas eksperimen sebesar 5,45 dan secara rerata sikap spiritual dalam kategori sangat baik, (3) modul efektif meningkatkan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan kemandirian siswa sebesar 14,6%, (4) modul meningkatkan hasil belajar siswa yang dilihat dari gain score sebesar 0,42 (kategori sedang).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul, sikap spiritual, kemandirian, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2015 03:19
Last Modified: 09 May 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28368

Actions (login required)

View Item View Item