Kontribusi Kompetensi Sosial dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru Fisika SMA Negeri se Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah

Zaky, Muhammad (2015) Kontribusi Kompetensi Sosial dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru Fisika SMA Negeri se Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-zaky-13708251112.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) hubungan antara kompetensi sosial dan budaya sekolah secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dengan kinerja guru fisika di Kota Palu dan kontribusi kompetensi sosial dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru fisika SMA Negeri di Kota Palu (2) kontribusi kompetensi sosial terhadap kinerja guru fisika SMA Negeri di Kota Palu, dan (3) kontribusi budaya sekolah terhadap kinerja guru fisika SMA Negeri di Kota Palu. Desain penelitian ini adalah ex post facto dengan teknik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru fisika SMA Negeri di Kota Palu, dengan jumlah populasi 41 orang. Sampel yang diperoleh dari populasi adalah 34 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik insidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis penelitian dengan menggunakan analisis regresi dengan dua variabel independen diteruskan dengan mencari sumbangan relatif dan sumbangan efektif prediktor terhadap prediksi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Ada hubungan antara kompetensi sosial dan budaya sekolah secara bersama-sama dan berpengaruh positif terhadap kinerja guru fisika SMA Negeri se Kota Palu, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y ̂=21,445+0,696 x_1+0,168 x_2, nilai koefisien regresi 0.696 dan 0,168, Fhitung 32,900 dengan signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,680. 2) Ada hubungan antara kompetensi sosial terhadap kinerja guru fisika SMA Negeri se Kota Palu, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y ̂=31,869 +0,816 x_1, nilai koefisien regresi 0,816, thitung 7,988, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,666 serta sumbangan efektif dan sumbangan relatif masing-masing adalah 56,82% dan 83,56%. 3) Ada hubungan antara budaya sekolah terhadap kinerja guru fisika SMA Negeri se Kota Palu, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y ̂=31,005 +0,665 x_2., nilai koefisien regresi 0,665, thitung 5,042, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,443 serta sumbangan efektif dan sumbangan relatif masing-masing adalah 11,16% dan 16,41%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru Fisika, Kompetensi Sosial, dan Budaya Sekolah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2015 03:19
Last Modified: 09 May 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28365

Actions (login required)

View Item View Item