Pengaruh Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Sikap Ilmiah Peserta didik

Safitri, Lani mega (2015) Pengaruh Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Sikap Ilmiah Peserta didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lani-mega-safitri-13708259032.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah pada materi fluida statis peserta didik kelas X di MAN Wonokromo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen nonequivalent control-group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Wonokromo pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 6 kelas. Sampel dipilih 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2 di MAN Wonokromo dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penetapan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak dengan undian sehingga diperoleh kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas Eksperimen menggunakan model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, pengisian angket, dan tes. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian secara umum dan statistik parametrik untuk menguji hipotesis. Analisis statistik yang digunakan adalah MANOVA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah pada materi fluida statis peserta didik kelas X di MAN Wonokromo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Nov 2015 03:19
Last Modified: 24 Feb 2016 09:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28359

Actions (login required)

View Item View Item