Keefektifan Model Problem-Based Learning untuk Mengembangkan Berpikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Banguntapan, Bantul

Risnani, Listika yusi (2015) Keefektifan Model Problem-Based Learning untuk Mengembangkan Berpikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Banguntapan, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-listika-yusi-risnani-13708251093.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model PBL untuk mengembangkan berpikir divergen dan kreatif dalam KPS pada pokok bahasan ekosistem dan pencemaran lingkungan peserta didik kelas X yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas X SMA N 2 Banguntapan, Bantul. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent (pretest and posttest) control group design dengan kovariat berupa pretest berpikir divergen dan kreatif. Populasi penelitian ini adalah infinite population yaitu peserta didik kelas X yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik SMA N 2 Banguntapan, Bantul. Subjek penelitian terdiri atas 41 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas (kelas eksperimen sebanyak 20 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 21 peserta didik). Dua kelas sampel dipilih dari sebanyak tujuh kelas X dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik dan guru yang hampir sama. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model problem-based learning sedangkan kelas kontrol diajar tanpa menggunakan model problem-based learning. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Tes tertulis digunakan untuk mengukur berpikir divergen dan kreatif dalam KPS peserta didik. Lembar observasi digunakan untuk menjamin terlaksananya sintaks model pembelajaran problem-based learning bahwa tidak ada sintaks yang terlewatkan. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data UAS 1 Biologi dan UN IPA SMP. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis covariat (ANCOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem-based learning berpengaruh sangat signifikan terhadap berpikir divergen pada taraf signifikansi 0,05 (0,000) dan berpikir kreatif dalam KPS pada taraf signifikansi 0,05 (0,000). Simpulan penelitian ini adalah model PBL efektif untuk mengembangkan berpikir divergen dan kreatif dalam KPS pada pokok bahasan ekosistem dan pencemaran lingkungan peserta didik kelas X yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas X SMA N 2 Banguntapan Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model problem-based learning, berpikir divergen, berpikir kreatif, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2015 03:19
Last Modified: 09 May 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28355

Actions (login required)

View Item View Item