PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN TUKANGAN YOGYAKARTA

Muliawati, Erni (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN TUKANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
SKRIPSI_ERNI MULIAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN Tukangan, Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi eksperimen, dengan subjek penelitian siswa kelas VA dan VB SDN Tukangan yang berjumlah 60 siswa. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar IPA dan lembar observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pengsisian angket motivasi belajar oleh siswa. Perlakuan yang diberikan sebanyak empat kali dengan teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan rata-rata skor motivasi belajar siswa yang diperoleh dari angket motivasi belajar IPA yang didukung dengan hasil observasi selama diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar IPA akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 81,78 daripada motivasi belajar awal yaitu 70,08, dan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 69,93. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN Tukangan. Kata Kunci: Model pembelajaran Quantum Teaching, motivasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 05:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28350

Actions (login required)

View Item View Item