PENGEMBANGAN LKS KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER II SEKOLAH DASAR

Dewi, Anggraeni Eka Mustika (2015) PENGEMBANGAN LKS KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Skripsi_Anggraeni Eka_11108241104.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Salah satu permasalahan pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalah LKS (Lembar Kerja Siswa (LKS) yang kurang efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media LKS Komik yang layak untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar pada materi energi bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R and D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari sembilan langkah pengembangan yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan format produk awal, 4) Uji coba awal, 5) Revisi produk, 6) Uji coba lapangan, 7) Revisi produk, 8) Uji lapangan, 9) Revisi Produk. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD semester II. Pada uji coba awal dilakukan pada dua orang siswa dan satu orang guru SD Negeri Ngento. Pada uji coba lapangan dilakukan pada enam orang siswa dan satu orang guru SD Negeri 2 Karangsari. Pada uji lapangan dilakukan pada satu kelas yang terdiri dari 12 siswa dan satu guru SD Negeri Gebangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan tes. Wawancara, observasi, dan tes digunakan saat analisis kebutuhan dan uji coba sedangkan angket digunakan saat validasi ahli dan uji coba. Data divalidasi dengan validitas konten, validitas konstruk, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan LKS Komik yang secara kuantitatif dan kualitatif layak untuk pembelajaran IPA materi energi bunyi. Secara kuantitatif, penilaian dari ahli materi dan ahli media masing-masing adalah 130 (87%) (pertimbangan isi, syarat LKS yang baik, syarat media yang baik berkriteria baik) dan 135 (93%) (syarat teknis, pertimbangan produksi, prinsip visual, syarat media yang baik berkriteria sangat baik). Sementara itu secara kuantitatif untuk menilai aspek tampilan dan isi media selama uji coba guru memberikan nilai sebesar 84 (93%), 78 (87%), 79 (87%) (media berkriteria sangat baik). Sedangkan nilai dari siswa sebesar (74) 87%, (75) 88%, 68 (80%) (media berkriteria baik). Aspek fungsi dan manfaat media secara kuantitatif pada uji coba memperoleh nilai sebesar 11,5 (96%), 11,7 (97%), 11,3 (94%) (media berkriteria sangat baik). Sedangkan dari aspek mengembangkan keterampilan proses mendapat nilai 70 (91%), 71 (92%), 70 (94%) (media berkriteria sangat baik). Sedangkan secara kualitatif, media LKS Komik sangat sesuai diterapkan bagi siswa, dapat memotivasi siswa, membuat siswa aktif, dan dapat memberikan petunjuk yang lebih jelas kepada siswa selama melakukan percobaan. Kata Kunci: LKS Komik, pembelajaran IPA energi bunyi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 02:43
Last Modified: 30 Jan 2019 05:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28346

Actions (login required)

View Item View Item