HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS SETYA SECANG KABUPATEN MAGELANG

A`isah, Siti (2015) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS SETYA SECANG KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Skripsi Siti A'isah_11108241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Setya Secang Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan error sampling 5%. Penentuan ukuran sampel setiap sekolah menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis dan uji prasyarat analisis menggunakan program komputer SPSS 16. Hasil perhitungan yang diperoleh dengan teknik korelasi product moment adalah 0,729 yang menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel bersifat positif. Hasil kemudian dibandingkan dengan rtabel jumlah N = 112 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,186, terbukti hasil rhitung lebih besar dari rtabel (0,729 > 0,186) yang artinya hubungan antara kedua variabel juga signifikan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Setya Secang Kabupaten Magelang. Kata kunci: penguasaan kosakata, keterampilan menulis puisi, siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28343

Actions (login required)

View Item View Item