UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA DENGAN MULTIMEDIA SENENGE SINAU AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS IV A SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Marantika, Silviana Desi (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA DENGAN MULTIMEDIA SENENGE SINAU AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS IV A SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Silviana Desi Marantika_11108244064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa dengan multimedia Senenge Sinau Aksara Jawa pada siswa kelas IV A SD N Gedongkiwo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD N Gedongkiwo yang berjumlah 25 siswa. Penelitian berlangsung pada bulan Mei 2015, pada semester genap tahun pelajaran 2014- 2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi aktivitas selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Data hasil penelitian menunjukan bahwa meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa dilakukan melalui aktivitas belajar siswa yaitu mengoperasikan dan mengamati multimedia Senenge Sinau Aksara Jawa, mendemontrasikan aksara Jawa, mengeja aksara Jawa, menulis aksara Jawa, dan mengerjakan soal latihan. Penggunaan multimedia Senenge Sinau Aksara Jawa dalam pembelajaran mampu menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajar aksara Jawa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil transliterasi aksara Jawa ke dalam tulisan latin. Pada pra siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 2 siswa atau 8% menjadi 11 siswa atau 44% pada siklus I dan meningkat menjadi 21 siswa atau 84% pada siklus II. Kata Kunci : membaca aksara Jawa, Sinau Aksara Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28335

Actions (login required)

View Item View Item