Fety, Indah Primanti (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU GIZI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DI SMK N 3 WONOSARI. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Fety Indah Primanti 05511241017.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU GIZI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DI SMK N 3 WONOSARI Oleh : Fety Indah Primanti 05511241017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui penerapan pembelajaran dengan bantuan tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar ilmu gizi di SMK N 3 Wonosari, 2) mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar ilmu gizi setelah dilakukan pembelajaran dengan bantuan tutor sebaya.. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2010-Agustus 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Wonosari sejumlah 29 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan ketika tindakan dilaksanakan, hasil wawancara guru dan siswa, dan hasil skala motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Alpha Cronbach untuk menghitung reliabilitas dari angket, dan validasi dari guru ahli materi untuk validitas dari instrumennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pembelajaran ilmu gizi dengan bantuan tutor sebaya di kelas XI SMK N 3 Wonosari untuk dapat meningkatkan motivasi belajar ilmu gizi siswa dilaksanakan sebgai berikut: a) tutor dipilih berdasarkan kriteria : memiliki kemampuan akademik tinggi, motivasi tinggi, mampu menjalin kerjasama dengan siswa lain, dan bertanggung jawab, b) tutor diberi penjelasan berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya oleh guru c) guru menyampaikan materi secara singkat dan jelas. Hal ini dilakukan agar siswa yang terpilih menjadi tutor dapat lebih membantu memahami mengenai materi yang sedang dipelajari, sehingga dapat lebih mudah membantu anggota kelompoknya yang mengalami kesulitan dalam memahami materi, d) siswa belajar dalam kelompok dan setiap kelompok dipimpin oleh satu tutor. Siswa berusaha memahami materi dan menyelesaikan tugas yang ada dalam modul dengan bantuan tutor pada kelompoknya masing-masing. Selanjutnya siswa mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas, e) tes individual dilakukan setiap akhir pembelajaran. Tes berbentuk soal uraian yang memuat materi yang telah dipelajari. Tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi. 2) setelah diterapkannya pembelajaran dengan bantuan tutor sebaya ini ternyata motivasi belajar ilmu gizi siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata motivasi belajar ilmu gizi siswa sebesar 74,44% dengan kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 85,50% dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 18 Nov 2015 02:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28332 |
Actions (login required)
View Item |