PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN PEMBUATAN PROPORSI TUBUH ANAK USIA 10-13 TAHUN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XI DI SMK PERWARI TASIKMALAYA

Fetty, Nurdamayanti (2015) PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN PEMBUATAN PROPORSI TUBUH ANAK USIA 10-13 TAHUN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XI DI SMK PERWARI TASIKMALAYA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fetty Nurdamayanti 09513244001.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN PEMBUATAN PROPORSI TUBUH ANAK USIA 10-13 TAHUN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XI DI SMK PERWARI TASIKMALAYA Di susun Oleh : Fetty Nurdamayanti NIM. 09513244001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui pengembangan CD Pembelajaran pembuatan proporsi tubuh anak usia 10-13 tahun di SMK Perwari Tasikmalaya, 2) mengetahui kelayakan CD Pembelajaran pembuatan proporsi tubuh anak usia 10-13 tahun pada standar kompetensi Menggambar Busana khususnya pada pembuatan proporsi tubuh anak usia 10-13 tahun di SMK Perwari Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Perwari Tasikmalaya pada bulan agustus 2013 menggunakan jenis peneilitian R&D (Research & Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dikutip dalam tim Puslitjaknov. Tahapan-tahapan dari penelitian ini meliputi analisa produk, pengembangan produk, validasi ahli dan revisi, uji kelompok kecil, ujicoba lapangan dan produk akhir. Penelitian ini melibatkan 2 ahli yaitu ahli media dan materi, 5 siswa dipilih secara purposive sampling sebagai uji coba lapangan skala kecil dan 24 siswa kelas XI Busana SMK Perwari sebagai uji coba lapangan skala besar. Instrumen angket menggunakan validitas kontruksi (construct validity). Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif . Hasil penelitian berupa: (1) Pengembangan CD Pembelajaran pembuatan proporsi tubuh anak usia 10-13 tahun di SMK Perwari melalui 5 tahapan yaitu: a) analisa kebutuhan yaitu: mengkaji kurikulum, analisis kebutuhan produk, dan menyusun draft, b) pengembangan yaitu: membuat produk CD Pembelajaran sesuai dengan draft, c) validasi ahli dan revisi yaitu: proses revisi CD Pembelajaran oleh ahli media, materi dan guru, d) uji coba lapangan skala kecil yaitu: uji coba CD pembelajaran pada kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa, e) uji coba lapangan skala besar dan hasil akhir produk uji coba CD Pembelajaran dengan 24 siswa untuk mengetahui tingkat kelayakan sebelum digunakan dan CD Pembelajaran layak digunakan siswa kelas XI Busana di SMK Perwari Tasikmalaya. (2) Kelayakan CD Pembelajaran pembuatan proporsi tubuh anak usia 10-13 tahun hasil Kriteria validasi CD Pembelajaran oleh ahli media, materi dan guru menyatakan “layak”. CD Pembelajaran dinilai oleh siswa menyatakan “sangat layak” dengan mean (Me) 75.85, diketahui nilai cronbach’s alpha = 0.929 atau lebih dari 0.6 maka semua pertanyaan dari aspek desain pembelajaran dan komunikasi visual dikatakan reliabel. Secara keseluruhan CD Pembelajaran pembuatan proporsi tubuh anak usia 10-13 tahun baik dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pembuatan proporsi tubuh anak usia 10-13 tahun di SMK Perwari Tasikmalaya. Kata kunci : CD Pembelajaran pembuatan proporsi tubuh anak usia 10-13 tahun, pengembangan, kelayakan CD Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Nov 2015 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28330

Actions (login required)

View Item View Item