PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA EKSTRAKURIKULER ELEKTRONIKA SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

FERRI, ANDIKA ROSADI (2015) PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA EKSTRAKURIKULER ELEKTRONIKA SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ferri Andika R(06502241032).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA EKSTRAKURIKULER ELEKTRONIKA SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA Oleh FERRI ANDIKA ROSADI NIM 06502241032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menghafal Al-Quran terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekstrakurikuler Elektronika, pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekstrakurikuler Elektronika; dan pengaruh kemampuan menghafal Al-Quran dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekstrakurikuler Elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah Siswa Ekstrakurikuler Elektronika SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Motivasi Belajar Siswa yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan menghafal Al-Quran siswa dan Prestasi Belajar Ekstrakurikuler Elektronika Siswa. Uji validitas instrumen menggunakan regresi linier sederhana dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data, uji linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana 1 prediktor, sedangkan untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan regresi ganda 2 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemampuan menghafal Al-Quran terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekstrakurikuler Elektronika. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,409, dengan sumbangan efektif sebesar 12%; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekstrakurikuler Elektronika. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0.451 sumbangan efektif sebesar 16%; (3) Terdapat pengaruh positif dan kemampuan menghafal Al-Quran, motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa ekstrakurikuler elektronika SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi R sebesar 0,529 dan sumbangan efektif sebesar 28 %. Kata kunci: kemampuan menghafal Al-Qur’an, motivasi belajar, prestasi belajar elektronika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Nov 2015 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28326

Actions (login required)

View Item View Item